Breaking

03 Februari 2012

Monalisa Kembar

Mungkin banyak orang yang penasaran seperti apakah sosok sesungguhnya Monalisa dalam karya Leonardo Da Vinci yang tersohor itu. Kini telah ditemukan salinan lukisan yang menampilkan Monalisa dengan wajah lebih muda.

Lukisan Mona Lisa asli tampak kabur oleh pernis gelap yang retak sehingga membuatnya seperti wanita paruh baya. Namun, sejarawan seni percaya bahwa Mona Lisa di Museum Prado terlihat masih muda dengan usia sekitar 20-an. Gambaran tersebut diduga sebagai wajah asli Mona Lisa.

Lukisan tersebut ditemukan selama konservasi Museum Prado di Spanyol. Diperkirakan lukisan itu dibuat oleh salah satu murid Leonardo da Vinci, Francesco Melzi. Replika itu yang dibuat bersamaan dan dicat di samping satu sama lain.

"Hal ini sangat mungkin jika asisten Leonardo bertemu Lisa dan bahkan ikut duduk di sana," kata kurator Museum Prado, Ana Gonzalez Mozo. "Dia mungkin datang ke studio ketika sentuhan akhir untuk wajah dalam lukisan itu sedang dikerjakan."

Rencananya kedua lukisan ini akan dipertemukan setelah 500 tahun pembuatannya. Museum Prado berencana menampilkannya bulan ini sebelum mengirimnya ke Museum Louvre. Jadi pengunjung dapat membandingkan wajah Mona Lisa. 

Sum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !
N' Thx.. jika anda mencantumkan nama / Url anda