Breaking

29 Juli 2019

Pembajak Manga ini akhirnya tertangkap juga setelah tahunan beroperasi

gridhot.id


Komik Jepang atau umum disebut Manga adalah hal yang istimewa sebagai bacaan di zaman sekarang, sayangnya tidak semua Manga bisa didapatkan dengan mudah.


Seorang Pria Jepang bernama Romi Hoshino yang sudah beroperasi dengan Manga-Manga Bajakan ini sejak 2017 telah mengantongi keuntungan hingga Triliunan, dia mempubliskan Manga dalam bentuk Scan yang belum di cetak menjadi Buku/Mangga Resmi di pasaran.

Semua terjadi berkat perkembangan teknologi, digitalisasi komik membuat pembaca merasa pembajakan adalah solusi paling mudah. akan tetapi di Jepang nyaris semua manga mengalami serialisasi di majalah khusus komik macam Shonen JUMP, Big Comic, atau Ribon.

Serial Manga populer setiap Bab barunya biasa terbit 3 kali dalam 1 bulan, hal inilah yang memicu Manga bajakan laris manis bak kacang goreng dengan metode Manga Scand sebelum terbit untuk memuaskan dahaga para pecinta Manga.

Sehingga ketika Manga resmi telah terbit di pasaran orang-orang cenderung malas untuk membeli hal inilah yang menjadikan faktor kemaran para Mangaka (Pencipta Manga).

Romi Hoshino sang dalang besar pembajakan Manga ini akhirnya tertangkap aparat Interpol di bandara internasional Manila, Filipina. sebagai hasil dari kerja sama 2 Negara yang sudah memburunya sejak 2018.

Pria 27 tahun ini adalah pemilik situs Mangamura, salah satu situs Manga ilegal terbesar di dunia, sekaligus sebagai Situs pelanggar hak cipta paling top di Jepang, yang menyebabkan kerugian bagi industri penerbitan mencapai US$2.93 miliar atau setara Rp 41,27 triliun.

Menurut media Mainichi Shinbun sebanyak seratus juta pengunjung menelusuri sekitar 60.000 serial manga yang mereka scan setiap bulannya. sehingga situs Mangamura akhirnya ditutup tahun lalu, yang membuat Pemerintah Jepang mengeluarkan Undang-Undang baru tentang kriminalisasi pengunduhan Manga hasil Scaner dengan ciri-ciri seperti selembar kertas A4 dengan gambar hitam putih.

Hingga berita ini diturunkan, pihak berwajib masih menyelidiki darimana Romi mendapatkan hasil Scan ilegal tersebut, semua orang yang bekerja di penerbitan setiap Manga di Jepang menjadi dampak hal ini.

Secangkir Kopi Via GridHot from Mainichi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !
N' Thx.. jika anda mencantumkan nama / Url anda