Breaking

23 Januari 2016

Fakta dan penanganan dari racun SIANIDA

Sejak kasus Mirna yang meninggal mendadak setelah menyeruput kopi Racun Sianida makin terkenal di jagat maya dan masyarakat.


Namun masih banyak yang tidak tahu apasih Sianida itu? dan apa akibatnya jika tertelan kedalam tubuh,
Sianida pada dasarnya adalah zat kimia super aktif yang mengandung unsur siano, 'CN' bisa berbentuk gas (hidrogen sianida, HCN) hingga kristal (sodium sianida, NaCN).

Seper sepuluh gram Sianida dapat membunuh orang dewasa dengan seketika dimana sistem kerja tubuh dihalangi oleh racun tersebut sehingga akan kehilangan nafas dan efeknya akan bekerja 10-15 detik hingga beberapa menit dengan gejala sakit kepala, nafas sesak, diikuti mual, muntah, agitasi, kebingungan, kejang, shock, koma, dan berujung pada kematian.




Namun faktanya orang-orang seperti Napoleon, Adolph Hitler, dan Jim Jones telah menjadi korban betapa jahatnya racun Sianida ini dan yang lebih mengejutkannya lagi adalah bawa Sianida ada bersama kita dalam kehidupan sehari-hari.

Singkong adalah salah satu umbi yang sejak lama diketahui mengandung sianida dan berbahaya bila salah mengolahnya. Gejala ringan keracunan sianida singkong biasanya pusing dan muntah-muntah.

Kemudian dengan biji Apel dimana sianida juga berada disitu oleh sebab itu sangat dianjurkan membuang biji apel jika ingin dibuat jus atau dimakan langsung. Bahkan, sianida sejatinya terkandung dalam 110 keluarga tumbuh-tumbuhan.

Menurut penelitian, memakan 1,5 kilogram kacang Lima (kratok) bisa membunuh manusia, karena dalam kacang ini juga terkandung sianida.

Berdasarkan penelitian, sianida berbentuk gas adalah yang paling berbahaya, misalnya hidrogen sianida, jadi tidak aneh jika gas ini kerap dipakai sebagai media hukuman mati paling mujarab.

Sejak tahun 1920an, Amerika telah menggunakan 'kamar gas' untuk mengeksekusi napi hukuman mati, bahkan sampai saat ini. Zat berbahaya ini juga menjadi favorit Nazi saat tragedi Holocaust.

Nazi terbukti banyak membangun kamar-kamar gas sianida sebagai bagian program pembunuhan massal. Kebanyakan korban dari kamar gas sianida ini disebut orang-orang Yahudi. Gas sianida yang dipakai sebagai algojo massal di Perang Dunia ke-2 dikenal dengan nama 'ZyklonB'.

Percaya atau tidak setiap orang yang hidup memiliki sianida dalam tubuhnya! tidak banyak diketahui bila sianida adalah salah satu bagian pembentuk DNA.

Berdasarkan teori pakar kimia Paul von Rague Schleyer dari Universitas Georgia, saat Bumi masih tanpa kehidupan, DNA pertama disebut terbentuk dari lima buah molekul sianida atau biomolekul. Sayangnya, asal-usul biomolekul ini tidak diketahui. Salah satu dari molekul iku adalah adenine. Adenin sendiri muncul dari reaksi kimi antara sianida dan amonia.

Mengerikan... ya ini fakta dari Sianida bahwa mungkin nyaris semua orang tahu sianida itu berbahaya namun tetap saja banyak yang hobi mengisap racun satu ini yaitu rokok.

Rokok adalah salah satu sumber sianida paling populer di dunia. Merokok menurut penelitian adalah sumber utama kontaminasi sianida bagi mereka yang tidak berkerja di industri yang dekat dengan zat racun ini. Asap rokok memang mengandung hidrogen sianida.

Meski tidak langsung membunuh perokok, sianida pada rokok dapat menyebabkan pusing, lemas, mutah, pingsan, bahkan kematian mendadak. Apakah Anda masih mau merokok?

GEJALA KERACUNAN SIANIDA
Berikut pertolongan pertama jika tertelan atau menghisap Sianida sebagai perincian jika sianida yang masuk ke dalam tubuh masih dalam jumlah yang kecil maka sianida akan diubah menjadi tiosianat yang lebih aman dan diekskresikan melalui urin.

Selain itu, sianida akan berikatan dengan vitamin B12. Tetapi bila jumlah sianida yang masuk ke dalam tubuh dalam dosis yang besar, tubuh tidak akan mampu untuk mengubah sianida menjadi tiosianat maupun mengikatnya dengan vitamin B12. B12 bisa didapat dari Kerang, Sereal, Salmon,Keju ,Telur , produk susu, Daging Sapi atau kambing

PENANGANAN
  1. Panggil ambulans dan dokter segera
  2. Ungsikan pasien ke udara bersih (kalau sianida yang terhirup berupa gas);
  3. Jika denyut jantung nggak ada, lakukan cardiac massage atau menekan dada kuat2 dan berulang (kayak yg di film2)
  4. Jangan memberikan napas pada korban dari mulut ke mulut atau hidung ke hidung, Dikhawatirkan si penolong akan ikut terkena racunnya.
  5. Jika sianida tertelan sedangkan korban masih sadar, usahakan korban muntah
  6. Baringkan pasien dan jaga suhu tubuhnya agar tetap hangat
  7. Lepas pakaian yang terkena sianida, cuci dengan sabun area yang terkontaminasi, kemudian basuh dengan air berulang-ulang
  8. Bila tim keaehatan telah datang, langkah paling awal beri pasien masker oksigen 100%
  9. Beri antidotum. Antidotum yang dapat digunakan pada keracunan sianida adalah natrium nitrit dan juga natrium tiosulfat tetapi selama ini berapa besar dosis efektifnya dan bagaimana cara penggunaannya belum diketahui dengan pasti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !
N' Thx.. jika anda mencantumkan nama / Url anda