Breaking

09 Juni 2010

Vagina nyemplung


Umumnya kanker ini menyerang perempuan yang memasuki usia menopause, Sekalipun demikian bukan berarti perempuan yang masih muda belia tidak mungkin terkena penyakit ini. Resiko besar juga dihadapi oleh perempuan yang tidak menjaga kebersihan vagina serta perempuan yang sering melakukan hubungan seksual ganti-ganti pasangan.

Penyebab :
- kebiasaan merokok
- perempuan mengidap kanker leher rahim
- perempuan yang suka melakukan hubungan seksual gonta ganti pasangan
- hubungan seksual pertama saat berumur belasan tahun (remaja)
- infeksi HPV (human Papiloma Virus)

Gejala :
- sekresi cairan encer dari vagina
- benjolan pada vagina
- bila kanker sudah berukuran besar bisa mempengaruhi fungsi kandung kemih dan rektum sehingga pernderita mengalami nyeri ketika berkemih
- pendarahan vagina yang disebabkan kerusakan pada lapisan vagina dan membentuk luka terbuka


Cara menghindari :

- Menjaga kebersihan vagina
Basuhlah bagian luar vagina dengan air hangat bersih. hindari pemakaian produk-produk seperti cairan pembersih vagina (douching) atau bedak. Ingat douching akan membuat pH vagina menjadi tidak seimbang dan mematikan bakteri komensal (bakteri yang hidup dalam vagina) yang merupakan "penjaga" vagina.

- Pemeriksaan kesehatan
Setiap perempuan dianjurkan melakukan pemeriksaan rutin untuk menghindari perkembangan sel-sel kanker. Karena perkembangan penyakit ini berjalan secara bertahap dan membutuhkan waktu bertahun-tahun, sehingga bila tidak dideteksi dari awal virus ini dapat berkembang terus tanpa mampu untuk dicegah lagi.

Pengobatan :
pengobatan serta penanganan kanker vagina sangat tergantung pada tingkat keparahannya. dapat dilakukan eksisi lokal luas (pengangkatan kanker dan sebagian jaringan di sekitaenya kemudian dilakukan pencangkokan kulit), Vaginektomi (pengangkatan vagina). eksenterasi (pengankgatan leher rahim, rahim, vagina dan kandung kemih), pemberian obat kanker (kemoterapi), penyinaran (radioterapi).

..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !
N' Thx.. jika anda mencantumkan nama / Url anda