Breaking

20 Juli 2019

Pembakaran brutal Studio Animasi Kyoto Jepang



Aksi pembakaran di studio Kyoto Animation ini tercatat sebagai pembunuhan massal terparah di Jepang dalam dua dekade terakhir, sebanyak 33 orang meninggal.

Terparah sejak aksi pembakaran mematikan di distrik hiburan Kabuhicho, Tokyo, tahun 2001 lalu yang menewaskan 44 orang.

Kasus pembakaran studio animasi terkenal Jepang, Kyoto Animation atau yang sering disebut KyoAni semakin terungkap. Pria yang diyakini melakukan pembakaran diyakini telah merencanakan aksinya dalam beberapa hari terakhir.

Laporan dari media-media Jepang sebelumnya menyebut pelaku sempat berteriak ‘Mati kau!’ sebelum menuangkan cairan diduga bensin di pintu masuk gedung kantor Kyoto Animation sekitar pukul 10.30 waktu setempat.

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (19/7/2019), saksi mata yang tidak disebut namanya ini mengklaim dirinya melihat pelaku di luar gedung, saat api masih berkobar membakar gedung tiga lantai yang menjadi studio Kyoto Animation pada Kamis (18/7) waktu setempat.

"Saya bertanya kepada pria itu apakah dia baik-baik saja. Kemudian dia berteriak kepada saya, 'Jangan bicara padaku! Jangan mengejekku!'," tutur saksi mata kepada wartawan.

"Jadi saya melihat dia tampak sedikit aneh. Dia begitu terbakar hingga saya tidak bisa melihat ekspresi wajahnya," imbuh wanita yang tak disebut namanya itu.

Laporan televisi nasional Jepang, NHK, menyebut pelaku tidak memiliki keterkaitan langsung dengan Kyoto Animation. Berdasarkan surat izin mengemudinya, pelaku diketahui memiliki alamat di Saitama, pinggiran Tokyo bagian utara.

Seorang saksi mata lainnya menyebut pelaku sempat marah saat diamankan polisi dan mengeluhkan bahwa sesuatu telah dicuri darinya. Menurutnya, pelaku berteriak menyebut dirinya sebagai korban aksi plagiat.

Saksi yang juga tidak disebut namanya ini melihat langsung momen saat pelaku diamankan polisi di lokasi. Saksi ini juga menyebut pelaku telah mengaku kepada polisi di lokasi bahwa dirinya yang menuangkan bensin dan membakar gedung studio animasi itu.

"Dia (pelaku-red) terdengar seperti memiliki dendam pada masyarakat, dan dia bicara dengan nada marah ke polisi, sambil dia merasa kesakitan," tutur saksi tersebut kepada Kyodo News. Menurut saksi, pelaku mengalami luka bakar parah di lengan dan kaki yang membuat celana jeans pelaku hangus hingga terkoyak.

"Dia juga terdengar seperti memiliki dendam pada Kyoto Animation," imbuh saksi tersebut.

Sejumlah korban selamat menuturkan bahwa pelaku sempat sempat berteriak 'Mati kau!' sebelum menuangkan cairan diduga bensin di pintu masuk gedung kantor Kyoto Animation. Pelaku membakar gedung tersebut pada Kamis (18/7) siang, sekitar pukul 10.30 waktu setempat.

nb:
Diambil dari beberapa artikel keren indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !
N' Thx.. jika anda mencantumkan nama / Url anda