Breaking

26 March 2017

Objek Wisata Pemandian Banyu Biru Pasuruan

Pernahkah anda mengunjungi objek wisata pemandian Banyu Biru Pasuruan, jika belum traveler harus tahu bahwa tempat itu sebetulnya mengandung hal mistik.


Namun baru-baru ini semua hal tentang pemandian Banyu Biru Pasuruan yang katanya mistis tersebut mulai ramai dikunjungi orang-orang dari berbagai daerah dan negara bahkan menjadi nilai tersendiri bagi para turis.

Diliput oleh Detik_com kolam alami yang berisikan ribuan ikan tombro, adalah salah satu daya tarik lebih mengapa banyak para turis riuh ramai berdatangan, letak Banyu Biru berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan.

juru kunci pemandian mengatakan sumber air Banyu Biru sudah ada sejak ribuan tahun, namun sumber air tersebut baru diketahui dan dimanfaatkan sebagai pemandian di masa akhir Kerajaan Majapahit.

Bukti kuat bahwa semua yang berada di Banyu Biru peninggalan dari kerajaan Majapahit adalah karena disekitaran lokasi banyak sekali ditemukan puing-puing arca Majapahit selain itu tempat ini juga masih menjadi lokasi ritual umat Hindu, terutama asal Bali, juga terdapat fragmen-fragmen candi yang masih terawat.




Menurut juru kunci ketika hari raya umat Hindu Kuningan selalu ada yang datang ritual terutama mereka yang berasal dari Bali, situs-situs yang ada antara lain dua volkaring dari Pemkab Pasuruan dengan bahasa Belanda tahun 1921. Lalu, satu prasasti dengan huruf jawa tahun 1847, satu patung Batara Siwa dengan membawa senjata trisula, satu patung Ganesha, satu patung dua ekor naga berbelit dan lainnya.

Menurut cerita-cerita pemandian alam yang airnya berwarna kebiruan ini punya sisi mistis tersendiri, Airnya dipercaya sebagai obat, juga dipercaya bisa membuat awet muda. Sedangkan ikan-ikan Sengkaring atau tombro yang berwarna hitam di kolam juga disebut ikan dewa. Ikannya keramat karena itu tak ada yang boleh mengambilnya atau menyakitinya,

Melalui foto-foto kuno tahun 1900 yang berada di Museum Tropen menggambarkan bahwa banyak turis Eropa yang pelesir di tempat tersebut, mereka berenang dan bermain-main dengan Monyet-monyet

No comments:

Post a Comment

Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !
N' Thx.. jika anda mencantumkan nama / Url anda

Follow by Email