Breaking

02 January 2016

Khasiat tanaman Lidah Mertua

Sansevieria atau lidah mertua adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari.


Sansevieria memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing.

Sansevieria dibagi menjadi dua jenis, yaitu jenis yang tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran 50–75 cm dan jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset dengan panjang 8 cm dan lebar 3–6 cm. Kelompok panjang memiliki daun meruncing seperti mata pedang, dan karena ini ada yang menyebut Sansevieria sebagai tanaman pedang-pedangan.

Kandungan Tanaman Lidah Mertua :
-Kardenolin
-Abamagenin
-Zat aktif pregnane glikosid,
-Polifenol
-Saponin.

Kelebihan tanaman lidah mertua di banding tanaman hias yang lain :
-Mudah dirawat
-Memiliki tingkat penyerapatan tinggi pada pulusi
-Menghasilkan zat O2 tanpa membuahkan zat CO2 hingga cocok ditanam di dalam rumah

Bagian yang digunakan :
-Daun, Batang serta akar.


Nama daerah tanaman lidah mertua :
• Jawa : Pancing Towo
• Melayu : Lidah Jin
• Sumatera : Letah Menyawak
• Madura : Mandafika

Berikut manfaat tanaman lidah mertua untuk kesehatan beserta cara penggunaannya :

1. Batuk
Bahan : Daun lidah mertua 25 gram
Langkahnya : Bersihkan daun lidah mertua dengan cara dicuci hingga bersih. Daun lidah mertua itu setelah itu di rebus dengan 3 gelas air. Bila air rebusan daun lidah mertua itu tersisa 1 gelas, angkat serta saring. Minumlah air rebusan daun lidah mertua itu dengan teratur sehari 2 kali dengan aturan minum ½ gelas setiap kali minum.

2. Penyubur rambut
Bahan : Daun lidah mertua secukupnya
Langkahnya : Cuci bersih daun lidah mertua seperlunya. Haluskan daun lidah mertua itu dengan cara ditumbuk. Basahi rambut lalu oleskan daun lidah mertua itu pada rambut hingga kulit kepala dengan cara merata sembari dipijat perlahan. Biarkan beberapa lama lalu bersihkan dengan air serta sampo. Lakukan dengan cara rutin serta teratur.

3. Influenza
Bahan : Daun lidah mertua segar 30 gram
Langkahnya : Cuci terlebih dulu daun lidah mertua hingga bersih. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Angkat, saring lalu minum sehari 2 kali saat telah dingin. Perlu di perhatikan setiap kali minum ½ gelas serta lakukan dengan teratur.

4. Diabetes
Bahan : 25 gr daun lidah mertua segar
Langkahnya : Cuci bersih daun lidah mertua supaya terlepas dari kuman serta bakteri. Rebuslah daun lidah mertua itu dengan air sebanyak 3 gelas. Biarkan air rebusan itu sampai tersisa 1 gelas saja. Angkat, saring serta dinginkan. Minumlah ramuan daun lidah mertua pagi serta sore hari ½ gelas setiap kali minum. Lakukan dengan teratur.

5. Bisul
Bahan : daun lidah mertua
Langkahnya : Siapkan daun lidah mertua seperlunya lalu dicuci terlebih dulu. Tumbuk hingga halus daun lidah mertua itu. Tempelkan pada bisul dengan cara merata kecuali bagian matanya. Ulangilah bila telah kering dengan ramuan yang baru.

6. Hipertensi
Bahan : Akar lidah mertua kering 25 gram
Langkahnya : Akar lidah mertua yang telah dikeringkan dicuci terlebih dulu sebelum di rebus. Bila telah bersih lalu di rebus dengan 3 gelas air. Biarkan air rebusan itu sampai menjadi 1 gelas. Angkat, saring serta dinginkan. Minumlah air rebusan akar lidah mertua itu 2 kali sehari ½ gelas setiap kali minum. Kerjakan dengan teratur.


7. Radang saluran pernafasan
Bahan : Akar lidah mertua secukupnya
Langkahnya : Keringkan akar lidah mertua kering sebanyak 27 gr. Kemudian akar mertua itu dicuci bersih. Rebuslah dengan air sebanyak 3 gelas. Angkat bila air rebusannya tersisa 1 gelas lalu saring. Setelah dingin air rebusan itu diminum 2 kali sehari yakni saat pagi serta sore hari masing masing ½ gelas setiap kali minum.

8. Diare
Bahan : Akar lidah mertua secukupnya
Langkahnya : Akar lidah mertua kering di rebus sebanyak 27 gr dengan 3 gelas air. Biarkan air rebusan itu menjadi 1 gelas. Angkat, saring serta dinginkan. Minumlah air rebusan akar lidah mertua itu 2 kali sehari yakni pagi serta sore hari dengan teratur masing masing ½ gelas setiap kali minum.

9. Keseleo
Bahan : Daun lidah mertua secukupnya
Langkahnya : Cuci bersih daun lidah mertua seperlunya. Kemudian daun lidah mertua itu dihaluskan dengan cara digiling atau ditumbuk. Oleskan pada daerah yang keseleo dengan cara merata lalu dibalut menggunakan kain agar tak terlepas.

10. Radang usus
Bahan : 25 gr akar lidah mertua kering
Langkahnya : Rebus akar lidah mertua kering yang telah dicuci bersih dengan 3 gelas air. Bila air rebusannya tersisa 1 gelas lalu angkat serta saring. Minumlah dengan teratur air rebusan itu pagi serta sore hari masing masing ½ gelas setiap kali minum.

No comments:

Post a Comment

Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !
N' Thx.. jika anda mencantumkan nama / Url anda

Follow by Email