Breaking

24 Januari 2016

Jenis kopi putih dengan cara pengolahannya

Kopi adalah minuman yang sudah sangat familiar dizaman sekarang ini, berbagai macam kopi disajikan dengan kemasan yang berbeda-beda dan tentu juga dengan harganya.


Dahulu Kopi hanya bisa dinikmati oleh kaum bangsawan khususnya di indonesia sebelum merdeka, kini kopi bisa dinikmati oleh siapa saja terutama untuk orang dewasa

Kata kopi sendiri awalnya berasal dari bahasa Arab yaitu qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai minuman berenergi tinggi.

Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.

Ada empat jenis kopi yang telah ada didunia yakni Jenis Robusta, Arabica, Luwak dan Liberika, namun seiring perjalanan waktu munculah jenis kopi seperti White Coffee!

Kenyataannya White Coffee bukanlah jenis kopi, yang paling penting adalah bahwa dia benar-benar tidak berwarna putih, namun itu adalah hasil dari beragam modifikasi yang membuat kopi ini menjadi lebih terang-bukan hitam lagi, sebagai contoh dicampurkan dengan creamer, margarin dengan cara disangrai atau itu semua tergantung daerah di negara tertentu yang membuatnya.





Berikkut diantaranya Negara dengan kebiasaan meminum kopi putih,

LIBANON
White Coffee di Negara ini justru sama sekali bukan kopi melainkan sejenis “teh herbal” yang dibuat dari air kuntum bunga jeruk, bersifat menenangkan syaraf, biasanya dihidangkan setelah selesai makan hidangan dengan menu berat, bisa juga digunakan sebagai parfum pada air mandi ataupun langsung pada kulit.

Cara pembuatannya melalui proses digongseng (roasted) tidak sampai matang, sehingga akan menghasilkan biji kopi yang berwarna lebih terang dan aroma berbeda daripada biji kopi umumnya yang digongseng sampai matang, biasanya akan menghasilkan biji kopi berwarna coklat gelap dan aroma khas kopi.

Karena proses itulah biji kopi yang digongseng matang sehingga membutuhkan grinder khusus untuk menggilingnya karena biji kopi menjadi lebih keras, sehingga kopi putih tersebut mengandung kafein lebih tinggi daripada kopi biasa.


INDONESIA
Produsen kopi dengan merek 'White Coffee' dibuat dengan dengan mesin dari Jepang berteknologi cold drying yang mana biji kopi tersebut melalui proses pembekuan hingga -40 C sehingga kandungan asam gastricnya berkurang sampai 80%, sementara kandungan kafeinnya tetap utuh.

Kopi instan ini berbentuk bubuk dengan campuran non-dairy creamer dan gula. Setelah diseduh, warnanya cenderung lebih pucat atau krem dibanding kopi biasa.


AMERIKA SERIKAT
Di Amerika Serikat, White Coffee adalah biji kopi yang dipanaskan hingga level yellow roast.
Karena proses pemanasannya hanya sebentar, gula alami dalam biji kopi tidak terkaramelisasi, sehingga tidak ada rasa pahit tertinggal. Kopi ini digunakan untuk membuat espresso, bukan kopi seduh biasa. Kadar keasamannya cukup tinggi dengan jejak rasa seperti kacang.


MALAYSIA
Orang Malaysia mengenal Ipoh White Coffee yang berasal dari kota Ipoh yaitu Kopi putih yang berasal dari biji kopi digongseng dengan margarin, sehingga memberikan warna lebih terang dibandingkan dengan kopi hitam tradisional Malaysia (Kopi-O), yang digongseng selain dengan margarin juga gula dan gandum.

Ipoh White Coffee disajikan dengan susu kental, saat ini juga banyak tersedia dalam bentuk instan. Sebenarnya istilah “kopi putih” berasal dari bahasa Cina, yang diperkenalkan pada abad ke 19 oleh imigran Cina yang datang untuk bekerja di tambang timah lokal di Ipoh, yang artinya tidak ada hubungannya dengan warna tetapi lebih merujuk kepada bagaimana cara biji kopi digongseng.

Ada anggapan salah bahwa terdapat biji kopi khas Malaysia yang disebut White Coffee Bean. Padahal, yang dimaksud adalah biji kopi robusta atau arabika impor yang dipanggang hingga berwarna cerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !
N' Thx.. jika anda mencantumkan nama / Url anda