Breaking

18 December 2015

Pesan kondektur kereta Jepang sebelum dikirim ke Indonesia

Kondektur kereta listrik Jepang menyampaikan pesan mengharukan kepada penumpang sebelum kereta tersebut dikirimkan ke Indonesia.


Pesan dari kondektur kereta seri 205 yang dikirim itu menyebar via media sosial Twitter.

Berikut isi pesan tersebut.

"Kereta yang Anda tumpangi sekarang ini akan berhenti beroperasi di jalur Nambu. Namun, kereta ini akan terus beroperasi di Jakarta, Indonesia. Kita sebentar lagi akan tiba di stasiun terakhir Musashi-Nakahara. Pastikan barang Anda tidak ketinggalan sebelum Anda keluar. Kami berharap Anda membawa pulang bersama semua kenangan indah beperjalanan dengan kereta ini."

Sementara itu, pihak perusahaan kereta listrik Jepang, JR East, membenarkan pengumuman yang disampaikan sang kondektur itu.

"Benar bahwa salah satu kondektur kami membuat pengumuman seperti ini pada 6 Desember, hari terakhir layanan kereta. Pidatonya tidak hanya untuk mengucapkan terima kasih kepada kereta ini, tetapi juga kepada penumpang yang sudah menggunakan kereta seri 205 selama bertahun-tahun. Kami sangat senang menerima respons yang hangat atas pesan kondektur tersebut."

Seperti diketahui, pada 6 Desember lalu, kereta seri 205-0 yang terakhir ditarik ke Stasiun Musashi-Nakahara melalui jalur Nambu untuk dikirim ke Jakarta.

Pada April lalu, JR East mengumumkan akan mengirim 120 unit kereta listrik seri 205 dari jalur Nambu yang menghubungkan Tokyo-Kawasaki. Kereta tersebut akan dikirim ke Jakarta.

Kereta terakhir dari 120 unit itu mengakhiri operasinya di Jepang pada 6 Desember lalu.

Kendati demikian, Jepang masih memiliki satu kereta lagi dengan seri yang sama dan tetap beroperasi di jalur Nambu hingga 9 Januari 2016.

Jakarta sudah menggunakan kereta listrik bekas dari Jepang sejak tahun 2000, ketika Toei Mita Line menyumbangkan satu kereta yang dinonaktifkan ke ibu kota Indonesia.

PT Kereta Commuter Jaobdetabek telah membeli 500 kereta api bekas dengan seri 205 dari perusahaan kereta Jepang.

Selain memasok kereta, perusahaan Jepang juga mengirimkan tim teknisi perawatan dan tim dukungan operasional serta manajemen.

No comments:

Post a Comment

Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !
N' Thx.. jika anda mencantumkan nama / Url anda

Follow by Email