Breaking

30 March 2014

Gejala Penyakit Darah Rendah dan penanggulangan nya

Tekanan darah rendah ( Hipotensi ) adalah suatu keadaan dimana tekanan darah lebih rendah atau turun dibawah angka normal hingga mencapai 90/60 mmhg dimana nilai normal tekanan darah seseorang pada orang sehat secara umum berkisar 120/80 mmHG. 


Tekanan darah merupakan hasil kerja jantung yang memompa darah untuk bersirkulasi didalam tubuh melalui pembuluh darah. Tekanan darah rendah berarti kondisi dimana kurangnya hantaran nutrisi dan oksigen ke dalam sel-sel tubuh.

Orang dapat terkena darah rendah karena beberapa hal. Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah keletihan yang tidak diimbangi dengan pola makan teratur dan sehat. Kebanyakan orang yang mengalami tekanan darah rendah adalah wanita dikarenakan jika sedang sibuk wanita lebih tidak memperhatikan pola makan daripada pria.

Pada umumnya pria tidak akan lupa makan kecuali jika sedang depresi atau stres berat, dimana itu juga merupakan penyakit. Tekanan darah rendah dapat terjadi pada semua usia, namun tekanan darah rendah lebih rentan terjadi pada orang yang lebih tua.

Sebelum kita membahas tentang penyebeb dan gejala hipotensi atau tekanan darah rendah. sebaiknya anda tahu mengenai beberapa jenis hipotensi atau tekanan darah rendah yaitu sbb:

1. Hipotensi Ortostatik
Hipotensi jenis ini di sebabkan karena perubahan posisi tubuh secara tiba-tiba, contohnya ketika seseorang dalam keadaan tidur kemudian secara tiba-tiba langsung berdiri. Hipotensi seperti ini sering dialami oleh banyak orang dan biasanya hanya berlangsung sesaat.

2. Hipotensi Dimediasi Neural
Hipotensi jenis ini disebabkan karena faktor dari kondisi tubuh atau posisi tubuh terlalu lama dalam keadaan yang sama, contohnya ketika seseorang berdiri terlalu lama.

3. Hipotensi Akut
Hipotensi ini adalah hipotensi yang berbahaya dibanding jenis hipotensi lainya, karena hipotensi ini di sebabkan oleh turunya tekanan darah seseorang secara tiba-tiba

Penyebab Terjadinya Penyakit Tekanan Darah Rendah (hipotensi)
Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh stroke volume atau kekuatan otot jantung yang ketika menguncup dan mendorong darah keluar dari bilik jantung.

Semakin kuat otot jantung memompa, semakin banyak volume darah yang keluar dan tekanan yang diterima pembuluh darah juga makin besar, begitu pula sebaliknya. Selain itu tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh heart rate atau detak jantung tiap menit yang cukup rendah.

Heart rate yang normal adalah 60-80 detak per menit. Jika lebih rendah dari 60, maka akan menyebabkan tekanan darah rendah. Sedangkan jika lebih dari 80 akan mengakibatkan tekanan darah tinggi. Kedua hal ini bisa diakibatkan oleh suplai energi yang kurang kepada jantung atau ada penyakit yang menyebabkan jantung melemah.

Gejala Jika Terkena Penyakit Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)
Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah pada umumnya akan mengeluhkan keadaan:
- Sering merasa pusing dan penglihatan kurang jelas (berkunang-kunang) terutama setelah duduk lama lalu berjalan
- Sering menguap dan mudah merasakan kantuk
- Keringat dingin, Mudah merasa lelah, bahkan mengalami pingsan yang berulang

Pada pemeriksaan secara umum pun, detak atau denyut nadi terasa lemah dan wajah yang pucat. Kondisi ini dikarenakan suplai darah yang tidak maksimal ke seluruh jaringan tubuh. Yang paling peka terhadap kondisi ini ialah sel saraf, otak dan otot, sehingga inilah yang menyebabkan mudah capek, pusing dan kurang gesit baik secara fisik dan psikis.

Jika anda mempunyai gejala seperti di atas, amat baiknya anda segera obati sebelum penyakit tekanan darah rendah anda lebih parah.


obattekanandarahrendah.wordpress.com

No comments:

Post a Comment

Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !
N' Thx.. jika anda mencantumkan nama / Url anda

Follow by Email