Breaking

25 Februari 2013

Pendengaran anda ingin tajam?


Mendengarkan musik lewat headphone terlalu keras bisa jadi pemicu menurunnya kemampuan pendengaran. Namun, bisa juga pendengaran yang kurang baik disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi untuk tulang telinga.

Makanan yang tinggi kandungan vitamin D dapat mencegah pengapuran dalam telinga. Selain itu kombinasi vitamin lainnya juga dibutuhkan untuk melancarkan sirkulasi darah. Karenanya Ezine Articles (04/02/2013) menganjurkan untuk mengonsumsi jenis vitamin untuk kesehatan telinga seperti berikut ini.

1. Vitamin D
Makanan kaya Vitamin D beperan penuh untuk penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk memiliki tulang yang kuat. Jika kekurangan vitamin D, akan menyebabkan osteopenia, atau tulang di dalam telinga keras dan keropos.

Makanan kaya vitamin D: cod liver oil, minyak ikan, salmon, tuna, makarel, hati, dan kuning telur

2. Kombinasi Vitamin A, C, E, dan Magnesium
Vitamin A dengan kombinasi vitamin C, E , dan magnesium bisa bekerja untuk mencegah radikal bebas. Terutama selama terkena paparan suara bising yang mengurangi sirkulasi darah dalam telinga.

Vitamin A bisa didapat dari brokoli, bayam, wortel, labu, dan aprikot. Sumber hewani: hati, susu, mentega, keju, dan telur.Vitamin C dari brokoli, paprika hijau dan merah, kembang kol, kubis, lemon, nanas, stroberi, dan jeruk. Vitamin E ada pada sayuran daun hijau, maragrin, dan minyak sayur. Magnesium: Produk susu, daging, ikan, dan sayuran hijau

3. Vitamin B12
Vitamin B12 atau cobalamine membantu meningkatkan pendengaran dengan mengatur pembentukan sel darah merah. Bisa mencegah tinnitus atau kuping yang berdengung.

Vitamin B12 ada pada produk susu, telur, daging tidak berlemak, dan kerang.

4. Asam Folat
Makanan kaya asam folat mengurangi produksi homocysteine yang jadi sebab beberapa tipe hilangnya pendengaran dan meningkatkan sirkulasi darah ke dalam telinga.

Asam Folat: hati sapi, bayam, asparagus, kacang polong, brokoli, alpukat, letus , kacang, jus tomat, telur, stroberi, pepaya, dan pisang.

5. Mineral

Mineral juga meningkatkan pendengaran karena membantu pembentukan jaringan saraf dan tulang. Juga penting untuk fungsi otak dan saraf yang lebih normal. Kurang mineral bisa berakibat terserang tinnitus.

Mineral: apel, aprikot, alpukat, kacang, nanas, berry, kismis, seledri, kuning telur, dan pine nuts.


Sumber: http://de.tk/imjGi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !
N' Thx.. jika anda mencantumkan nama / Url anda