Breaking

14 Juni 2010

The karate kid

Pernah menonton film The karate kid... film yang sangat spesial di saat saya masih kecil meski sebetulnya saya menonton film ini dari salah satu televisi swasta tahun 1990an kalau tidak salah, dan yang ingin saya tulis sebetulnya bukan film karate kid yang dulu, namun film The karate kid yang terbaru yang di bintangi  jacky chan (my favorit) dan jade smith putra dari will smith

Sebenarnya alur cerita Karate Kid anyar ini, hampir sama dengan film Karate Kid yang dirilis pada tahun 1984. Hanya saja, Karate Kid terbaru mengambil China sebagai latar ceritanya. Kisah dimulai dengan Dre Parker (Jaden Smith) yang terpaksa pindah dari Detroit di Amerika menuju China karena sang Ibu (Taraji P. Henson) mendapat pekerjaan di negeri Tirai Bambu itu

Semula Dre sangat menikmati lingkungan barunya itu. Terlebih Dia berkenalan dengan pemain biola yang juga teman sekolahnya, Mei Ying, yang diperankan Wenwen Han. Namun kegembiraan itu tak berlangsung lama setelah dia bertemu Cheng yang diperani Zhenwei Wang, yang jago Kung-Fu. Cheng mulai mengganggu Dre karena kedekatannya dengan Mei Ying. Bisa ditebak, Dre yang hanya pandai menari tapi tak mahir bela diri menjadi bulan-bulanan Cheng dan teman-temannya.

Kemudian Mr Han (Jackie Chan) pegawai apartemen yang ditinggali Dre, membuat kesepakatan dengan Master Li yang diperankan Rongguang Yu, yang juga guru Cheng. Kesepakatan itu adalah Cheng tidak akan mengganggu Dre lagi, asalkan maju di Turnamen Kung-Fu. Perjanjian inilah yang membawa Dre mempelajari Kung-Fu. Mr. Han ingin membuktikan beladiri khas China itu digunakan bukan untuk menyakiti melainkan untuk menolong sesama.

Tapi film arahan sutradara Harald Zwart, hampir sama dengan film sebelumnya. Terlihat bagaimana Dre harus belajar mengenakan dan menaruh jaket pada sebuah tiang. Film sebelumnya pun bercerita bagaimana Mr Miyagi meminta Daniel untuk menggosok mobil. Kegiatan kehidupan sehari-sehari inilah yang menjadi pelajaran penting dalam Kung-Fu.

Kesamaan lainnya adalah pemakaian jurus andalan yang gerakannya awalnya nyaris sama. Jika film sebelumnya adalah jurus Bangau, di film ini memakai jurus ular kobra. Gerakan kedua jurus ini pun sangat mirip. Begitu juga dengan adegan, saat Jackie Chan menangkap seekor lalat tidak menggunakan sumpit, tapi membunuhnya dengan alat pemukul serangga. Mungkin ini plesetan dari adegan film sebelumnya saat Mr Miyagi menangkap lalat dengan sumpit. Tapi plesetan inilah yang membuat penonton tertawa.

Film ini lebih menghibur dari film sebelumnya. Debut Jaden Smith di film ini juga cukup baik. Darah aktor sepertinya telah mengalir dari ayahnya, Will Smith. Belum lagi akting kocak, Jackie Chan menambah segarnya film ini.

Film ini menjadi salah satu tontonan menarik bagi anak-anak, apalagi saat ini tengah libur sekolah. Mahfum, belakangan ini kita jarang punya film  untuk anak-anak yang menghibur di tengah  serbuan film horor berbau porno buatan anak negeri.

Alasan lain karena film ini berhasil berada di puncak box office dengan mengumpulkan keuntungan sebesar US$ 56 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !
N' Thx.. jika anda mencantumkan nama / Url anda