Breaking

09 Juni 2010

Fringe

Masih ingat dengan serial fiksi ilmiah yang menghadirkan 2 agen dari FBI seorang pria dan wanita, yah... The X-files, serial yang sempat sukses, kini serial itu mungkin hanya kan menjadi kenang-kenangan sebab sudah sekian lama film serial bermotif sama seperti itu tidak ada, namaun kini telah hadir serial baru yang nyaris sama bahkan beberapa pakar menyatakan mirip...!! toh setidaknya para penggemar film serial berbau misteri akan terobati dengan hadirnya serial ini, serial apakah itu... Fringe

Fringe adalah sebuah serial TV fiksi ilmiah karya J.J. Abrams bersama Alex Kurtzman dan Roberto Orci. Penggemar serial The X-Files kemungkinan besar akan juga menyukai Fringe ini, karena banyak elemen ceritanya yang mengandung kemiripan, seperti sama-sama merupakan nama sebuah unit dalam FBI, sama-sama mempunyai dua tokoh utama pria dan wanita yang awalnya terlibat secara profesional, namun belakangan terlibat secara romantis. Namun kemiripan yang paling utama adalah kasus-kasus aneh dan sulit dijelaskan yang ditangani oleh tim Fringe ini.

Setelah sekian banyak kesamaan, ada beberapa perbedaan antara Fringe dengan The X-Files. Jika unit X-Files hanya terdiri dari agen FBI Fox Mulder dan Dana Scully (Gillian Anderson), dan menangani X-File, yaitu kasus-kasus yang misterius, tak bisa dipecahkan dan tidak diprioritaskan ditangani, maka Fringe ini terdiri dari sebuah divisi khusus FBI dan dibawah pengawasan Homeland Security Amerika, sehingga dalam hal sumber daya manusia, teknologi penyidikan dan akses, divisi Fringe jauh ebih besar ketimbang X-Files.

Olivia Dunham (Anna Torv) adalah agen FBI yang ditugaskan dalam divisi Fringe, yang baru dibentuk untuk menangani kasus-kasus aneh yang tidak jarang memakan banyak korban jiwa, seperti sebuah pesawat penumpang komersial yang mendarat darurat dan ternyata semua penumpang dan awak pesawat tewas dalam keadaan mengerikan. Kasus-kasus aneh ini diduga kuat adalah akibat dari eksperimen dari suatu kelompok rahasia, dan alih-alih melakukan percobaan di laboratorium, kelompok ini langsung mengadakan percobaan di dunia nyata. Kumpulan kasus ini dinamakan sebagai The Pattern. 


Dari pihak Homeland Security sendiri diwakili oleh agen Phillip Broyles (Lance Reddick), yang juga mengepalai Divisi Fringe. Pada awalnya dia tidak menyukai Olivia, karena di masa lalu Olivia pernah menangkap temannya dalam kasus pelecehan seksual, namun belakangan setelah melihat ketangguhan Olivia dalam menangani kasus demi kasus The Pattern, Broyles berubah pendirian dan mendukung Olivia.

Namun yang menjadi otak utama dari Divisi Fringe adalah Walter Bishop (John Noble). Dia adalah mad scientist, alias ‘ilmuwan gila’ yang bisa memahami dan bahkan menemukan solusi untuk kasus-kasus The Pattern ini. Disebut mad scientist karena pada masa lalu banyak eksperimennya cenderung melanggar etika ilmiah, dan malah banyak kasus yang ditangani ternyata berasal dari eksperimen-eksperimen lalu dari beliau; selain itu, emosi Walter cenderung tidak stabil, akibat mengalami dirawat di rumah sakit jiwa selama bertahun-tahun setelah salah satu eksperimennya memakan korban jiwa. Peter Bishop (Joshua Jackson) adalah anak dari Walter, yang banyak membantu menenangkan kondisi emosional ayahnya.

Awal season pertama Fringe berkutat pada The Pattern, namun menjelang akhir season, fokus mulai bergeser ke dunia paralel. Salah satu eksperimen Walter rupanya sudah sampai pada tahap bisa menyeberang ke dunia paralel, dunia yang mengisi tempat yang sama, banyak hal yang mirip, namun banyak hal yang berbeda. Misalnya teknologi telepon selular digambarkan sudah ada 20 tahun lebih awal, lalu teknologi angkutan udara masih mengandalkan balon Zeppelin, dan yang hancur akibat serangan 9/11 adalah Gedung Pentagon, bukan WTC. Tujuan Walter untuk meneliti tentang dunia paralel ini rupanya dipacu akan kesehatan anaknya yang terus menurun akibat penyakit yang belum ditemukan obatnya, dia berharap bisa melihat Walter versi dunia paralel, yang juga ternyata sedang mencari cara menyembuhkan Peter. Ini menjadi fokus di season kedua Fringe.

Usaha Walter mencari obat untuk penyakit anaknya gagal, dan Peter meninggal. Namun Walter sempat melihat bahwa salah satu eksperimen dari Walter dunia paralel (untuk memudahkan, akan disebut sebagai Walternate) sebenarnya sudah menemukan obatnya, namun perhatian Walternate sedang teralihkan ke seorang Observer (semacam alien yang menguasai dimensi waktu), sehingga Walternate tidak tahu bahwa sebenarnya dia sudah menemukan obatnya. Karena Walter sudah mencatat formula dari obat itu, dan merasa bisa menyelamatkan Peter di dunia paralel, akhirnya dia membuat obatnya dan menyeberang untuk menyelamatkan Peter. Di tengah usahanya menyelamatkan Peter, tempat obat yang dia bawa terjatuh dan pecah, dan berpikir satu-satunya cara untuk membuat obatnya adalah kembali ke laboratoriumnya sendiri di Harvard, akhirnya Walter membawa Peter menyeberang kembali ke dunia Walter.

Dari sinilah ketegangan antara dua dunia terjadi; Walter merasa bersalah karena dia sudah menculik Peter dari Walternate, sementara tindakan Walter menyeberang ke dunia paralel telah membuat kerusakan pada perbatasan antara dua dunia, mengakibatkan dunia Walternate banyak mengalami kerusakan dan dikarantina. Walternate berusaha mendapatkan kembali anaknya, dan di dunia paralel dia menjadi Menteri Pertahanan Amerika, dan memiliki kontrol terhadap Fringe Division di dunia paralel. Fringe Division dunia paralel ini lebih bersifat ke paramiliter, berusaha mencegah kerusakan dari usaha “penembusan batas” antar dunia paralel. Pada akhirnya Peter menyadari bahwa dirinya ternyata berasal dari dunia paralel, dan dia menurut ketika Walternate berhasil menemuinya dan mengajaknya kembali ke dunia paralel.

Walternate ternyata punya maksud lain membawa pulang Peter, membuat semacam senjata yang dia yakini bisa menyelesaikan masalah kebocoran dunia paralel, dan senjata ini hanya bisa dibuat dengan bantuan Peter. Hanya saja tampaknya Walternate tidak menyadari bahwa senjata tersebut akan mengakibatkan kehancuran dari dua dunia ini, dan itu berusaha dicegah oleh Divisi Fringe dari dunia Walter, dengan cara mengambil kembali Peter dari dunia paralel. Usaha mengambil kembali Peter berhasil, namun tanpa diketahui oleh pihak Walter, rupanya Fringe Division pihak Walternate berhasil menukar Bolivia (Olivia di pihak Walternate) dengan Olivia, dan ikut menyeberang ke dunia Walter.

Di akhir season kedua Fringe, digambarkan Bolivia melaporkan kesuksesan melakukan infiltrasi, sementara Olivia yang tertinggal dikurung oleh Walternate di ruangan tanpa cahaya sama sekali. Kelanjutannya di season ketiga akan bisa dilihat sekitar bulan September 2010 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !
N' Thx.. jika anda mencantumkan nama / Url anda