Breaking

31 Mei 2010

Rokok dan perempuan...! haruskah terus bertambah"

Baru-baru ini tercatat hampir 1,7% wanita perokok bertambah di tahun 1995 dan makin meningkat saja hingga 5.06% pada tahun 2007, padahal mereka mengerti sekali bahwa perempuan perokok rentan terhadap gangguan kehamilan beberapa sudah banyak yang meninggal dengan biaya perawatan rumah sakit yang mahal toh..pada akhirnya meninggal juga
Berita ini terungkap dalam seminar bertajuk "Gender dan rokok dengan penekanan pemasaran pada perempuan"   yang diselenggarakan Yayasan Kanker Indonesia, Kamis (27/5). Kegiatan itu dalam rangka menyambut Hari Tanpa Tembakau yang diperingati dunia setiap 31 Mei.

Salah seorang pembicara dari Lembaga Menanggulangi Masalah Merokok (LM3) Fuad Baradja mengatakan, industri rokok memasarkan rokok kepada perempuan dengan mencitrakan rokok dengan kelangsingan, modernitas, daya tarik seksual, dan produk lebih rendah risiko.Praseno H, dokter spesialis paru dari RS Persahabatan, Jakarta, mengatakan, kadar nikotin dan tar yang rendah malah memicu perokok untuk merokok lebih banyak guna mendapatkan kadar nikotin lebih besar dan kenikmatan lebih.

Secara terpisah dalam jumpa pers terkait peringatan Hari Tanpa Tembakau, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan, meningkatnya perokok perempuan akan menghambat tujuan pemerintah mencapai target tujuan pembangunan milenium (millenium development goals/MDG) untuk menurunkan angka kematian ibu. Selain itu, kebiasaan merokok pada perempuan juga memengaruhi kualitas generasi penerus yang dilahirkan perempuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !
N' Thx.. jika anda mencantumkan nama / Url anda