Breaking

24 Januari 2010

mie instan dan Filsafat ilmu

Judul yang aneh sepertinya..!!  '' Mie instan dan filsafat ilmu''   ,lah wong saya lagi maem mie instan sambil baca buku filsafat yang di dapat dari bla..bla..bla..!! jadi sepertinya cocok aja gitu....

Kisahnya begini nech....!! soal buku yang saya dapat dari  Bla..bla..bla..!!

Dalam sebuah kesempatan, saya mengunjungi sebuah toko buku bekas di daerah sekitar rumah , lumayan jauh sich...!! tapi untuk Buku..?? Bolehlah...!! Sedang asik melihat-lihat, sejenak mata ini memandang sebuah buku lama, sepertinya keluaran tahun 2003 tidak begitu jelas karena sudah agak usang, sepertinya buku bekas mahasiswa yang di jual atau di buang begitu saja, entahlah..!!

Ada beberapa kata - kata atau kalimat, yang, seru aja kayaknya untuk di publish, mungkin untuk orang-orang yang kuliah di jurusan filsafat'',   sepertinya tulisan saya ini usang atau entah ya...?? tapi saya coba tulis dengan persepsi saya saja, sebuah persepsi dari orang yang ingin belajar...hehehe..!!

Bermula dari seorang filsuf yang mengatakan '' Ketahuilah apa yang kau ketahui dan ketahuilah apa yang tidak engkau ketahui'' Sebab pengetahuan  di mulai dengan rasa ingin tahu, kepastian di mulai dengan rasa ragu, dan filsafat di mulai dari keduanya. Berfilsafat berarti merendahkan hati bahwa tidak semuanya akan kita ketahui dalam kesemestaan yang seakan tidak ada batasnya dan berfilsafat juga bisa berarti mengoreksi diri, semacam keberanian untuk berterus terang, seberapa jauh kebenaran yang di cari telah terpuaskan.

Esensi dari berfilsafat tentang ilmu adalah ketika kita mampu berterus terang kepada diri kita sendiri apakah sebenarnya yang saya ketahui tentang ilmu pengetahuan , apakah ciri yang hakiki yang dapat membedakan ilmu dari pengetahuan - pengetahuan lainya yang bukan ilmu, bagaimana cara saya agar tahu betul bahwa ilmu yang saya dapat adalah ilmu pengetahuan yang benar , lantas kriteria apa saja yang harus di pakai dalam menentukan kebenaran secara ilmiah dan mengapa kita harus mempelajari ilmu

Sepertinya hal yang saya tulis tadi adalah filsafat tentang ilmu yang saya sendiri pun masih meneruskan membaca buku itu dan dikatakan pula bahwa seseorang yang sedang berfilsafat dapat di umpamakan ..?? seseorang yang berpijak di bumi dan bertanya banyak hal pada dirinya sendiri tentang hakikat dirinya ' wah... bila itu benar berarti di   al'Quran pun di jelaskan ketika nabi Ibrahim berdiri di atas bukit dan bertanya kepada dirinya dan tuhan,  akan hal yang tidak di mengerti'' dan allah pun memberikan jawabanya'' berarti benar juga bahwa kita sebagai manusia sebenarnya di hadapkan 2 pertanyaan yaitu siapa diri kita dan untuk apa kita hidup ..?? 

Di sini dikatakan juga bahwa seseorang yang sedang berfilsafat dapat di umpamakan juga sebagai orang yang sedang berdiri di atas puncak dan serta merta matanya menatap ngarai atau lembah di bawahnya , sebab dirinya ingin menyimak kehadirannya dengan kesemestaan yang di tatapnya, nah.. hal yang kedua ini nech.. yang bikin ribet !! apa maksudnya juga gitu loh..!! mungkin kawan - kawan yang kuliah di jurusan filsafat mengerti..!! kasih tahulah..

Inti dari sesi yang sedang dikupas ( ta'..elah di kupas'' buah kalie di kupas..) inti dari  bab itu tentang pertanyaan - pertanyaan tentang  filsafat ilmu !! seperti begini nech pertanyaanya lagi ..?? Terkadang kita ingin melihat hakikat ilmu pengetahuan dari sudut pandang ilmu yang lain , terkadang kita juga ingin mengerti kaitan ilmu dengan moral , kadang kita bisa juga menjadi manusia yang bla..bla..bla..!! Banyaklah pokoke..
(pertanyaanya apa tuh yah tadi...''  akh... lier abdi ma' akh... )

Berhubung hari menjelang pagi dan saya belum tidur..!! jadi di lanjutkan di lain waktu saja dan soal yang tadi saya tulis biar dewa mimpi saja yang memberitahu kala aku tidur nanti, tapi sukur-sukur ada yang ngasih tahu dari orang lain.... oh iya... pertanyaan yang tadi ingin saya tulis dari isi  bab buku ini adalah '' terkadang kita manusia yang suka acuh ta' acuh terhadap ilmu pengetahuan dan pada akhirnya kita sering bertanya pada diri sendiri apakah ilmu yang telah kita dapat akan membawa kebahagiaan.!! TUH khan pertanyaan lagi....''' oks lah kalau begitu'''   Met menyongsong hari yang indah sajalah untuk semua orang ..!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !
N' Thx.. jika anda mencantumkan nama / Url anda