Breaking

22 Januari 2010

James Cameron dan Avatarnya

Avatar..!! Dah pada nonton khan filmnya..??  hampir semua orang di dunia memuji film ini dan selebihnya bla..bla..bla..!! Film yang konon menghabiskan dana 280 - 310 Dolar AS ini sungguh fenomenal sebab selain di rilis dalam versi 2D juga di rilis dalam format 3D , Real 3D, Dolby 3D, IMAX 3D, dan bla..bla..bla..!! Sedangkan untuk istilah Avatar sendiri teryata di ambil dari khazanah agama hindu yang berarti inkarnasi'  sedangkan orang di balik kesuksesan film ini adalah James cameron seorang sutradara, produser sekaligus mantan supir truk dan saya sendiri sebetulnya 1/2 percaya kalau dirinya pernah jadi supir truk,  mungkin kalu di indonesia !! supir truk pasir kalie ye... heheheh'

Mengisahkan bangsa na'vi sang penghuni satelit pandora di bawah planet polyphemus yang masuk dalam tata surya Alpha Centauri dengan seting tahun 2154, ga kebanyakan tuh mas..?? Bangsa na'vi yang berkulit biru seperti kesiram cat itu !! kedatangan tamu tak' di undang, Bekas kolonel angkatan laut AS.. kenapa ga indonesia..!! Jake sully (Sam Warthington) yang menjalani program Avatar, sebuah program yang dapat mengubah manusia menjadi bangsa na'vi.

film ini emang keren dan sempet 2 kali nonton.. (ga nanya wek...!!) Teryata eh teryata.. film ini sudah di rencanakan oleh sang sutradara sejak tahun 1994, dengan di awali oleh penulisan naskah 80 halaman , setelah menyelesaikan naskah film titanic (1997) dengan janji akan menghasilkan film berteknologi ini pada tahun 1999, namun karena pada tahun itu teknologi belum memuaskan james maka ia rela mengulur - ulur waktu , rela menunda - nunda hingga bertahun tahun lamanya untuk tidak membuat film , mungkin sekalian ngumpulin dana juga kalie ye..

Cameron tidak hanya bekerja keras untuk membuat film ini dan memodifikasi sistem 3D, tetapi ikut juga untuk menciptakan lingkungan padora mulai dari budaya, bahasa, ekologi, bahkan bla..bla..bla..!! untuk Bahasa Na'vi itu sendiri teryata di ciptakan oleh ahli Bahasa University of southern California , Dr.Paul frommer dengan membuat kosakata lebih dari 1000 kata dan 30 kata sumbangan dari james cameron sendiri, bahkan profesor jodie scholt seorang fisiologi tumbuhan  dari University of california, riverside,  turut di libatkan dalam film ini.

James cameron memulai karier sebagai pembuat film horor murahan dan namanya baru di kenal semenjak ia membuat The Terminator (1984) yang naskah ceritanya ia tulis sendiri, padahal awalnya tidak ada studio yang mau medanai filmnya hanya karena dirinya yang menjadi sutradara , James juga membuat film-film lainya seperti Aliens (1986) , True lies (1994), dan yang fenomenal adalah Titanic (1997) dan yang kedua sudah pasti Avatar (2009) dan menjadi orang pertama orang yang berhasil menembus pendapatan 1 milyar dollar AS

Cameron memodifikasi sistem  kamera sendiri dengan menggunakan kamera dengan satu body di lengkapi dua lensa high presisi (apaan itu yah grafis presisi...??halah..) Aktor terlebih dulu memerankan aksi nyata , lalu aksi si aktor dilihat melalui kamera, secara bersamaan para alien di lingkungan pandora juga memainkan aksi di grafis komputer, dengan cara ini cameron dapat langsung membandingkan gerakan alien di komputer. Aktor juga memakai pakaian yang di lengkapi reflaktor kecil , semua gerakan aktor di rekam oleh 140 kamera digital , data - data inilah yang menjadi sumber grafis yang natural , karena para aktor juga di pakaikan kameranya dengan cara di kaitkan di kepala untuk merekam exspresi  wajah , mata, bibir, dan semua bla..bla..bla..!!

Sebenarnya teknik ini sudah sering dipakai sejak lama namun hanya untuk keperluan pembuatan video game, namun kehadiran Avatar justru membuat kesadaran secara luas akan kekuatan teknologi' dan apapun yang di sajikan james cameron di film ini di sukai oleh banyak orang atau tidak , terlepas dari itu semua Avatar telah membuaka gerbang baru dalam perfilman dengan revolusi inovatif teknologi 3D yang di modifikasi oleh james  sendiri 

Mungkin film ini hanya di tujukan bagi orang-orang yang memiliki daya hayal tinggi sebab faktanya beberapa kawan saya malah tidak mengerti dan bahkan menganggap film ini sungguh aneh,  padahal untuk saya film ini sungguh menabjubkan, apapun pendapat semua orang. yang jelas film ini telah meraup keuntungan yang amat sungguh luar biasa buanyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !
N' Thx.. jika anda mencantumkan nama / Url anda